Tetap belajar, bertumbuh dan berbuah selama pandemi covid-19

Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kau ketahui.

Yeremia 33:3

Pelajaran Penting Pandemi Covid-19

Puji dan Syukur kepada Allah Bapa yg menetapkan segala sesuatu atas kehidupan ini dan Kepada Anak-Nya yang Tunggal, Yesus Kristus atas Kasih Karunia-Nya yg dianugerahkan-Nya kepada kita semua, sehingga kita boleh menjalani salah satu musim kehidupan yg paling berat selama 2 tahun terakhir ini: Pandemi Covid-19. Musim yangg mengubah banyak hal didalam kehidupan ini; komunikasi , gaya hidup, dan kebiasaan daily kita.

Dan Pandemi Covid-19 ini dalam banyak hal mengubah keadaan kami di regu pelayanan kampus Kota Makassar. Di dalam banyak hal terjadi keterbatasan Interaksi dengan anak-anak mahasiswa yang kami tolong selama ini. Beberapa mengalami demotivasi akibat terdampak sosial ekonomi karena pandemi ini.  Ada kekecewaan dan hasil negatif menjalani kehidupan perkuliahan yang terbatas via online, jadi di dalam banyak hal aktivitas kami dalam menolong anak-anak ini juga terhambat. Aktivitas pertemuan dan pemerlengkapan pelayanan  tidak dapat maksimal kami kerjakan.

Ringkasnya: selama awal pandemi tahun 2020 dan sampai akhir tahun 2021 ini kami belajar menggumulkan dan membawa keadaan luar biasa berat ini kepada Allah, yang mengajarkan kami untuk senantiasa memandang kepada Janji-Nya. Berserah kepada-Nya dengan berdoa dan merenungkan ketetapan-ketetapan-Nya agar Tuhan sendiri yang dapat menolong kami, menolong anak-anak ini menemukan Pengharapan Hidup mereka. Berdoa agar kami senantiasa melihat bagaimana Allah tetap bekerja atas pergumulan teman-teman di kampus, melaluinya mereka tetap dapat mengenal Kristus dalam segala hal yang menimpa mereka.

Pelajaran penting yang kami nikmati selama musim pandemi di dalam menjalani Pelayanan Kampus ini adalah: tetaplah berdoa dan berharap kepada Allah sebagai pembuka jalan dari keadaan-keadaan sulit yang kamu alami. Pandemi bisa menghentikan hampir seluruh kegiatan pertemuan langsung dan persekutuan, sebagaimana biasanya. Sehingga melalui doa dan tinggal tetap didalam firman-Nya, kami menikmati bagaimana Allah membuka cara cara baru yg tidak kami sangka selama ini, sehingga penjangkauan dan pemerlengkapan tetap dapat dikerjakan. Kita membawa seluruh keadaan ini kepada Allah dan memohon Allah yg bekerja, kita dapat tetap menikmati kreativitas-Nya yang sungguh mengagumkan.

Kehidupan doa yg kita bangun merupakan pintu yang disediakan Allah agar melalui keadaan yang sulit dan situasi yg berat kita dapat melihat Allah bekerja dan menjawab doa kita. Karna doa mengajarkan penyerahan penuh dan kerelaan kita untuk menjalani panggilan kita, sesulit apapun itu. Allah memanggil kita untuk berdoa dan belajar dari ketetapan-ketetapan-Nya agar kita menyediakan diri untuk dibentuk dan ditempa, dicobai dan diuji, supaya kita mengetahui tujuan dan maksud dibalik semua yg terjadi di sekeliling kita.

Updated dan Progress Pelayanan

Puji dan syukur kepada Tuhan, yang memampukan kami untuk tetap menolong mahasiswa generasi ini dengan keterbatasan dan cara cara baru/new normal life pasca pandemi. Karna pandemi, kami mempraktekkan pertemuan secara onsite dengan prokes dan secara online melalui zoom meeting.

Strategi kita saat ini ada pada 2 kelompok kampus di Kota Makassar:

  1. Kampus swasta (Univ. Bosowa dan Mega Rezky)
  2. Kampus Teknik Unhas Gowa (Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Industri)

Karakteristik mahasiswa saat ini, ialah mereka cepat belajar perkara rohani, tertarik untuk mengisi waktu dengan kegiatan sosial/lokal. Hal ini membuat mereka cukup sulit fokus dan berkomitmen untuk belajar dan membenahi diri. Mereka mudah untuk tertarik pada hal apapun yg menyenangkan hati dan ekspresi diri tampil terlihat mengerjakan sesuatu.

Study Bible dan Saat Teduh via zoom meeting bersama mahasiswa kampus swasta

Gairah mereka yang sangat besar diusia muda membuat kami perlu menolong mereka mengelola waktu dan kapasitas mereka agar selalu mau memberi diri dimurnikan dan mau selalu connected dengan Tuhan pada setiap hal apapun yang ingin dikerjakan.

Generasi mahasiswa saat ini juga lebih senang berkumpul dalam grup-grup, motivasi dan mood mereka dipengaruhi oleh aktivitas dalam grup dimana mereka gabung. Ada grup dari satu kampung yang sama, asal kota yg sama dan satu kepanitiaan yg sama sehingga mereka biasanya saling menunggu dan berharap satu sama lain ketika mau janjian bertemu dan kegiatan yg lain.

Study Bible dan sharing update kondisi perkuliahan  bersama mahasiswi Jurusan Teknik Industri Unhas Gowa

Kesempatan dan Tantangan kita

Dan sejak awal tahun 2022 ini, bersamaan dengan pandemi yang melandai dan kegiatan di kampus terbuka, kami bersyukur sudah bisa mengadakan pertemuan langsung seperti biasa, kami adakan di rumah kami maupun di tempat pertemuan yg telah kami tentukan.

Dan yang paling kami syukuri bahwa anak-anak generasi baru ini sebagian besar siap untuk menolong. Mereka sadar bahwa tujuan mereka ditolong dan diberi pelajaran ini semua, agar nantinya mereka juga bisa memberi hidup mereka untuk orang lain. Satu hal penting yang kami bawa dalam doa untuk Janji Tuhan yang kami nikmati dan bagi kepada anak anak ini untuk juga mereka imani dan yakini, di dalam Roma 10 : 14 – 15:

Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya , jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tdk ada yg memberitakan-Nya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa Indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!”

Pertemuan Offline dan Update kondisi untuk belajar saling mendoakan pergumulan masing masing.
Study Bible dan Pemerlengkapan via offline dgn mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Unhas bersama Pimpinan Regional Pelayanan Navigator , Bp. Agus Ritto.

Demikianlah update kisah dan pergumulan pelayanan ini kami bagikan, kami percaya Tuhan terus menuntun dan bekerja jauh lebih dari apa yang kami pikirkan dan rasakan. Dan kita percaya, Allah juga menuntun kita semua, bila kita tetap percaya, bertekun dan berpengharapan kepada-Nya.

Salam dalam Kasih-Nya,

Sponcor Panjaitan

Staf Pelayanan Kampus Kota Makassar dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *